Rabu, 02 Maret 2016

Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada video, soundcard, media penyimpan, power supply dan sistem pendingin.

Pencarian dan penyelesaian kesalahan pada video dan soundcard
Kesalahan pada Video card
Sebuah Graphic procesor unit atau yang lebih dikenal dengan vga/video card,sering kita gunakan untuk kebutuhan sebagai tambahan grafik pada komputer kita agar gambar yang dihasilkan lebih bagus. Kerusakan pada VGA card bermacam-macam pada kegiatan belajar ini yang akan kita bahas adalah kerusakan yang bisa terjadi pada VGA card yang telah dipakai beberapa waktu,bukan karena kerusakan dari baru atau dari pabrikan.Kerusakan pada vla card dibagi menjadi dua yaitu kerusakan komponen hardware dan kerusakan tampilan atau yang disebut Artifact yang artinya cacat dalam gambar yang dihasilkan. Bisa berupa kotak-kotak, garis-garis, bintik-bintik dan sebagainya.
Berikut ragam kesalahan pada sebuah vga card:
Elco pecah atau meletus, penyebabnya bisa dari power supply komputer yang rusak ataupun kapasitor sudah melewati lifetimenya. Solusinya ganti kapasitor dengan tipe yang sama dan ganti power supply bila diperlukan.
Pemasangan pada slot vga padamotherboard yang kurang tepat, bisa menyebabkan tidak ada tampilan sama sekali pada monitor.pada saat memasang vga card perhatikan tipe slotnya dan pasang secara perlahan dan hati-hati.
Pin kaki VGA card kotor atau korosi, penyebabnya dari pemakaian yang terlalu lama dan kurang perawatan,solusinya bersihkan pin kaki vla card mengunakan kertas yang dilipat atau penghapus pensil.
Video RAM artifacts, bisa terjadi karena memory gagal mentransfer data yang didapat, hal ini menyebabkan terjadi beberapa kegagalan dalam menampilkan gambar/display. namun memory video yang lainnya masih bisa menampilkan hasil olahannya dengan baik.
GPU artifacts, terjadi akibat panas yang berlebihan, sehingga kita harus memeriksa apakah fan/kipas pendingin GPU bekerja secara normal? atau dengan membuka kesing komputer dan menurunkan clock GPU, jika hal ini belum menyelesaikan masalah, bisa mencobanya dengan membeli pendingin GPU aftermarket, yang biasanya memberikan qualitas pendinginan yang lebih bagus.
Bus artifacts, dalam kasus ini bisa dicoba dengan menurunkan muliplier AGP dari 8x ke 4x, namun pada jenis PCI dan PCI-E hal ini jarang terjadi.
Tinted screen, penyebab umumnya adalah monitor misadjusted atau rusak, namun kabel monitor dan konektor monitor juga bisa menyebabkan hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar