Kamis, 01 Oktober 2015

generasi komputer

PERKEMBANGAN GENERASI KOMPUTER SEBELUM TAHUN 1940
1.Komputer Generasi pertama(1940-1959)
Pada era sebelum tahun 1940 penggunaan alat bantu penghitung masih sangat sederhana dan manual
Abacus
muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini
2.Komputer generasi kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer . akibatnya mesin mesin elektrik berkurang drastis transistor mulai di gunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956,penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi ke dua yang lebih kecil,lebih cepat lebih dapat diandalkan dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adaldah super komputer ..
3.Komputer generasi ke 3 (1964-awal 80 an ..)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat berpotensi merusak bagian bagian internal komputer , batu kuarsa (quartzrock) menghilangkan masalah ini . jack kilby seorang insinyur di texas instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (ic:intergrated circuit) di tahun 1958 . IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukan lebih banyak komponen komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. Hasilnya komputer menjadi semakin kecil karena komponen dapat dipadatkan dalam chip.kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang memonitor dan mengkoordinasi memori
4.Komputer generasi ke empat (awal 80-an)
Setelah IC tujuan pengembangan menjadi lebih jelas mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen komponen elektrik.large scale intergration (LSI) dapat memuat ratusan kompone dalam sebuah chip.pada tahun 1989-an very large scale intergration (VLSI) menuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.ultra large scale intergration (VLSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Chip intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 menbawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central prosesing unit,memory dan kendali input/output ) dalam sebuah chip yang sangat kecil.sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.sekarang,sebuah mikroprosessor dapat dioroduksi kemudian diprogram untuk memenuhi yang diinginkan.
5.Komputer generasi kelima (masa depan)
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosean paralel yang akan menggantikan model nonneuman.Model non neuman akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak cpu untuk bekerja secara serempak.kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi lembaga ICOT (institute for new computer technologhy) juga di bentuk untuk merealisasikannya.
Sekiann .. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar