Kamis, 25 Mei 2017

mengolah warna pada obyek grafis (hanya materi)

 Dengan adanya warna obyek-obyek akan terlihat menarik dan lebih hidup, pengolahan warna sangat penting saat mendesain obyek grafis. Pada aplikasi pengolah citra vektor CorelDraw menyediakan pelbagai fasilitas pewarnaan. Teknik pewarnaan obyek grafis meliputi warna pada (solid), warna pola, warna gradasi, warna bertekstur dan lain sebagainya.
 1.) Mewarnai obyek dan garis dengan palette Color
Color palette merupakan fasilitas untuk memberi warna pada obyek . Warna bisa diberikan pada bidang objek maupun garis tepi dari obyek.Langkah yang paling cepat dan mudah untuk member warna pada suatu objek adalah dengan mengklik warna pada pallete color yang terletak di sebelah kanan dari jendela program CorelDRAW Palette color .
 2.) Mewarnai obyek dengan interactive fill tool Interactive
Fill tool merupakan tool untuk mewarnai objek dengan berbagai pilihan warna pengisi bidang objek, yang dapat langsung memilih komposisi warna yang telah disediakan pada tool bar property. Ada beberapa pilihan dalam memberi warna dengan Interactive Fill Tool. Klik tombol panah kiri Tampilan semua warna di color palette Tampilan warna muda sampai tua dari salah satu warna yang terpilih Didalam interactive fill tool terdapat teknik pewarnaan uniform fill, dimana pilihan warna solid/satu warna yang dapat diberikan pada suatu objek
3.) Mewarnai obyek dengan warna gradasi Warna gradasi adalah gabungan dari beberapa warna yang digunakan untuk mewarnai sebuah objek sehingga tampak lebih hidup.
 4.) Mewarnai obyek dengan mesh fill Mesh Fill tool merupakan fasilitas mewarnai satu objek dengan berbagai campuran warna. Dengan mesh fill tool dapat memodifikasi tempat, campuran, dan variasi warna sesuai kebutuhan.
5.) Mewarnai obyek dengan pattern Selain menggunakan perintah Interactive Fill tool, dapat menggunakan perintah Fill tool untuk memberi warna pada objek. Perintah fill tool terdiri atas ;
Fill color dialog
Fountain fill
Pattern fill
Texture fill
PostScript fill
No fill
Color Docker Window
 Pattern Fill adalah perintah untuk mewarnai objek dengan pola tertentu. Pola pattern bisa berupa gambar objek abstrak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar