Senin, 29 Mei 2017

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI CLOSED SOURCE 2



MS-DOS
Adalah system operasi yang masih berbasiskan teks dan command-line interpreter (CLI).  MS-DOS sendiri sebenarnya dibuat oleh perusahaan pembuat computer Seattle Computer Products kemudian direkrut oleh Microsoft yang selanjutnyadebeli lisensinya. Dirilis pertama kali pada tahun 1998, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yanglebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang dari delapan kali Microsoft meluncurkan versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS-DOS pada tahun 2000.
Microsoft windows (Windows 1.x-windows 3.x)
Windows 1.0 Merupakan vers ipertama sistem operasi berbasis graphical user interface yang dibuat oleh Microsoft corporation. Versi ini diluncurkan pertama kali tanggal 10 november 1998, tapi tidak pernah keluar pasar sebelum bulan November 1998, karena banyak hambatan ketika pengembangan berlangsung.
Microsoft Windows 2.0 merupakan Versi kedua dari system operasi berbasis graphical user interface buatan Microsoft corporation, yang dirilis pada 9 desember 1987.
Windows 3.0 memiliki kemampuandukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di windows 3.0 ini. System ini mengenalkan virtual device driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. System ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. System ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag ang Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.
Windows 95  Windows ME
Windows 95 diperkenalkan pada tanggal 14 Agustus 1995. Sistem operasi ini memiliki GUI ang lebih menarik dan atraktif, menggunakan rancangan menu “Start”, menu inovatif untuk mengakses grup program (Manager) dan mendukung penanaman berkas yang panjang.
Windows 95 juga mendukung Plug and Play untk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi secara otomatis, memiliki beberapa fasilitas seperti: Browser yang terintegrai dan Windows Explorer untuk menjelajah Windos. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.
Windows 98 diluncurkan pada 25 Juni 1998. Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpana berkas seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk berbagi koneksi internet dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows 98 juga sudah memiliki kemampuan untuk memainkan game dan menjalankan aplikasi multimedia.
Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Mode (WDM) yang menggantikan model virtual device driver serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel16-bit/32-bit, dan masuk pada family Windows 98.
Windows ME diluncurkan pada tanggal 14 September 2000. Dalam sistem operasi ini tidak ada fitur yang special selain transisi dukungan grafis dari 16-bitke 32-bit dan sistem ini banyak dipakai oleh pengguna pribadi.
Windows NT 3.xx — 4.xx
Windows NT  sebagai pengganti windows ME mendukung arsitektur x86 (80x86), Intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32-bit. Windows NT dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan banyak digunakakan dalam jaringan computer. Windows NT juga memperkenalkan File system NTFS yang lebih baik dari FAT maupun FAT-32.
Windows NT 3.1 dirilis untuk computer Intelx86, DEC Alpha, dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advan RISK Computing)  MIPS. Sedangkan Windows 3.51 diluncurkan untuk mendukung computer IBM Power PC khususnya untuk system PReP seperti desktop atau laptop IBM Power Series dan seri Motoral PowerStack. Meskipun menggabungkan dua teknologi dari dua perusahaan, Windows NT 3.51 tidak bisa dijalankan di atas Power Macintosh.
Intergraph Corporation kemudian membuat porting untuk arsitektur Intergraph Clipper miliknya sendiri dan membuat porting Windows NT 3.51 agar bisa berjalan diatas arsitektur SPAR (milik Sun Microsystem). Meskipun demikian, kedua produk tersebut tidak dijual ke public sebagai produk ritel. Windows NT 4.0 diluncurkan untuk mendukung banyak platform, akan tetapi Microsoft hanya membuat service pack dan update untuk varian (x86 dan DEC Alph). Selaim kedua varian tersebut service pack dan update dibuat oleh pihak ketiga (Motorola, Intergraph, dan lain-lain). Windows NT yang mendukung DEC Alph, MIPS, dan PowerPC. Microsoft juga membuat Windows 200 untuk DEC Alph hingga bulan Agustus 1999. Karena Compaq menghentikan dukungan WindowsNT untuk arsitektur tersebut maka Microsoft menghentikan pengembangan proyek AlphaNT tersebut.
Windows 2000
Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0 yang dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 Februari di Amerika Serikat. Windows 200 mempunyai banyak fitur tambahan diantaranya:
§  Active Director yang baru
§  Image Preview
§  Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik
§  Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0
§  Mendukung untuk MicrosoftDirect dan Open GL
§  Windows Media Player 6.4 terintegrasi
§  Plug and Play yang lebih canggih, memasang hardware tanpa harus melalui proses restart
§  Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Mode (WDM)
§  ACP (Advanced Configuratiom and Power Interface) yang dapat menghemat daya.
Windows XP
Windows XP menawarkan banyak perubahan, fitur dan, performa, berbasis grafis digunakan pada computer pribadi, desktop bisnis, laptop, dan pusat media. Windows XP pertama kali dirilis pada 15 oktober 2001, 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006. Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi :
§  Windows  XP Home Edition ditargetkan untuk pengguna pribadi
§  Windows XP Professional menawarkan fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua processor fisik, dan ditargetkan untuk pasar power user, bisnisdan perusahaan klien.
§  Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton TV, melihat film DVD,  dan mendengarkan music.
§  Windows XP Tablet PC Edition didesain khusu untuk platform PC Tablet, yakni sebuah computer pribadi yang menggunakan stylus.
§  Windows XP Professional 64-bit Edition untuk prosessor berarsitektur IA-6 (Itaniu)
§  Windows XP Professional x64 Edition untuk prosessor berarsitektur x86-6
§  Windows XP Starter Edition yang dijual dibeberapa Negara berkembang
§  Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana-sini untuk pasar tertentu.
Windows Server
Windows server merupakan sistem operasi jaringan yang ditujukan untuk server. Merupakan versi lain dari Windows dari Windows yang telah diluncurkan khusus untuk pengguaar computer server. Misalnya Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790), Windows Home Server (Versi 6.0.1800.24), Windows Server 2008 (Versi 6.0.6001), Windows Server 2008 R2 (Versi 6.1.7600), Windows Server 2012 (Versi 6.2 Build9200), dan Windows Server 2012 R2 (Versi 6.3 Build 9600).
Windows Vista
Diluncurkan 8 November 2000 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2000 untuk pengguna pribadi. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa. Fitur-fitur antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows XP. Menggunakan Firewall with Advanced Security, Windows Defender, Parental Control, User Account Control (UAC), BitLocker Drive Encryption, ASLR. Windows Vista menggunakan IPv6, DirectX versi terbaru, dan arsitektur 64-Bit. Windows Vista mempunyai beberapa versi yaitu:
§  Windows Vista Starter.
§  Windows Vista Home Basic.
§  Windows Vista Home Premium.
§  Windows Vista Business.
§  Windows Vista Enterprise.
§  Windows Vista Ultimate.
Windows 7
Windows 7 merupakan gabungan Windows XP dan Windows Vista, Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan computer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009. Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras computer yang kompatibel dengan Windows Vista. Windows 7 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar (Superbar), penggunaan sistem jaringan pribadi bernama HomeGroup dan peningkatan performa.
Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista, antara lain:
§  Windows 7 Ultimate.
§  Windows 7 Professional.
§  Windows 7 Enterprise.
§  Windows 7 Home Premium.
§  Windows 7 Home Basic.
§  Windows 7 Starter.
Windows 8 dan 8.1
Microsofst secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Sistem operasi ini diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada computer pribadi, termasuk computer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Menggunakan mikroprosessor ARM selain mikroprosessorx86 tradisional buatan Intel AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 didesain untuk perangkat tablet sentuh. Windows 8 mempunyai beberapa edisi atau versi lain, sebagai berikut:
§  Windows 8, setara dengan Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium.
§  Windows 8 Pro, setara dengan Windows 7 Professional.
§  Windows 8 Enterprise.
§  Windows 8 RT.
§  Windows 8.1 (Paket layanan untuk sistem operasi Windows 8 dan RT).
Windows 10
Windows 10 merupakan versi mendatang dari sistem operasi Microsoft Windows. Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Konferensi Build, dijadwalkan akan dirilis pada akhir tahiun 2015.
Windows 10 bertujuan bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna pertama kali diperkenalkan oleh Windows 8 dengan menambahkan mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak ada layar sentuh, termasuk kebangkitan menu Mulai terlihat di Windows 7, system desktop maya, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Bursa Windows dalam jendela pada desktop daripada modus layar penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar