Perangkat input dan output beserta fungsinya
Input dan Output
Perangkat Input adalah data yang dimasukkan ke computer agar bisa diproses. Input mencakup instruksi program yang diterima CPU setelah ada perintah dari pengguna. Sedangkan output menunjuk pada hasil pemrosesan, yaitu informasi yang terkirim ke layar atau printer, untuk disimpan, atau dikirim ke computer lain di jaringan.
Perangkat keras input terdiri dari piranti yang mampu menerjemahkan data ke dalam bentuk yang bisa diproses computer. Bentuk data yang bisa dibaca manusia berupa kata-kata sedangkan data yang bisa dibaca computer berupa angka biner 0 dan 1.
Perangkat keras output terdiri dari piranti yang bisa menerjemahkan informasi yang diterjemahkan yang diproses oleh computer ke dalam bentuk yang mampu dipahami oleh manusia.
Alat Input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.Contoh dari alat input antara lain:
1. Keyboard, Berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan.
2. Mouse, Berfungsi untuk memindahkan pointer atau kursosr secara cepat serta mengatur posisi kursor di layar
3. Scanner, Berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang kemdian disimpan dalam memori komputer.
4. Joystick, Umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol
5. Touch pad, Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut
6. Track ball, Menyimulasikan pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar
7. Light Pen, Untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan screen
8. Camera digital, Menangkap obyek gambar yang akan ditampilkan ke layar komputer untuk diproses lebih lanjut
9. Handy cam, Merekam gambar yang akan ditampilkan ke layar monitor untuk diproses lebih lanjut
10. Webcam, Digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau.
11. Microphone, berfungsi untuk merekam suara yang akan disimpan dalam memori computer
12. Graphics Pads, Untuk menggambar objek pada monitor
13. Barcode, Berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis- garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar